-->

Pengertian Kemiskian dampak akibat dan solusinya

Diposting oleh Unknown


Setelah posting Pengalaman sedekah beberapa waktu yang lalu sekarang saya akan posting tugas yang diberikan guru ekonomi saya untuk membuat sebuah makalah tentang kemiskinan yang berisi pengertian, dampak, akibat dan solusi dari kemiskinan itu sendiri. Di Iindonesia menurut saya kemiskinan itu sudah sangat berdampak serius bagi bangsa ini antara lain banyaknya aksi kriminal seperti pencopetan, perampokan dan pencurian, dari semua aksi kriminal tersebut semuanya merujuk dan menyalahkan KEMISKINAN. Alasan mereka sudah tentu karena tidak adanya uang untuk makan, untuk membiayai anak sekolah dll. Saya juga tidak sepenuhnya menyalahkan kakak2 atau om-om di atas tapi saya juga melihat orang kayanya juga. pernah suatu waktu saya sedang stop di lampu merah tiba-tiba ada orang yang menghampiri saya untuk(maaf) meminta-minta, namun sepertinya orang itu pernah saya lihat, belum sempat saya tanya orang itu sudah lari duluan. Karena penasaran saya coba mengingat-ngingatnya ternyata orang itu pembantu dari sahabat saya sendiri. beberapa minggu berjalan, sampai saya lupa dengan pembantu sahabat saya itu. Tapi ketika saya tidak sengaja bertemu dengan sahabat saya itu langsung saja saya tanyakan soal pembantunya itu. ternyata menurut dia pembantunya sudah di pecat. Sekarang siapa yang salah? pembantunya di pecat tanpa alasan yang jelas. Dan sekarang pembantunya sudah pontang-panting di jalanan...






















Pengertian Kemiskinan


Secara etimologis “kemiskinan” berasal dari kata “miskin” yang artinya tidak berharta benda dan serba kekurangan. Departemen Sosial dan Biro Pusat Statistik, mendefinisikan sebagai ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk hidup layak (BPS dan Depsos,2002). Dalam konteks politik, John Friedman mendefinisikan kemiskinan sebagai suatu ketidaksamaan kesempatan dalam mengakumulasikan basis kekuatan sosial. Frank Ellis (dalam suharto,2005) menyatakan bahwa kemiskinan memiliki berbagai dimensi yang menyangkut aspek ekonomi, politik dan sosial-psikologis.
Orang disebut miskin jika dalam kadar tertentu sumber daya ekonomi yang mereka miliki di bawah target atau patokan yang telah ditentukan. Yang dimaksud dengan kemiskinan sosial adalah kurangnya jaringan sosial dan struktur sosial yang mendukung orang untuk mendapatkan kesempatan - kesempatan agar produktivitasnya meningkat. Dapat juga dikatakan bahwa kemiskinan sosial adalah kemiskinan yang disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan kesempatan – kesempatan yang tersedia.
Kemiskinan merupakan masalah kemanusiaan yang telah lama diperbincangkan karena berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat dan upaya penanganannya. Dalam Panduan Keluarga Sejahtera (1996: 10) kemiskinan adalah suatu keadaan dimana tidak sanggup memelihara dirinya sendiri dengan taraf kehidupan yang dimiliki dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga, mental maupun fisiknya dalam memenuhi kebutuhannya.
Penyebab kemiskinan


Penyebab kemiskinan menurut Kuncoro (2000:107) sebagai berikut :
1. Secara makro, kemiskinan muncul karena adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya yang menimbulkan distribusi pendapatan timpang, penduduk miskin hanya memiliki sumber daya dalam jumlah yang terbatas dan kualitasnya rendah
2. kemiskinan muncul akibat perbedaan kualitas sumber daya manusia karena kualitas sumber daya manusia yang rendah berarti produktivitas juga rendah, upahnyapun rendah
3. kemiskinan muncul sebab perbedaan akses dan modal
Sendalam ismawan (2003:102) mengutarakan bahwa penyebab kemiskinan dan keterbelakangan adalah persoalan aksesibilitas. Akibat keterbatasan dan ketertiadaan akses manusia mempunyai keterbatasan (bahkan tidak ada) pilihan untuk mengembangkan hidupnya, kecuali menjalankan apa terpaksa saat ini yang dapat dilakukan (bukan apa yang seharusnya dilakukan). Dengan demikian manusia mempunyai keterbatasan dalam melakukan pilihan, akibatnya potensi manusia untuk mengembangkan hidupnya menjadi terhambat.
Kemiskinan juga muncul karena adanya perbedaan kualitas sumber daya manusia, karena jika kualitas manusianya rendah pasti akan mempengaruhi yang lain, seperti pendapatan. Tapi itu hanyalah masalah klasik. Sekarang penyebab kemiskinan adalah karena tidak mempunyai uang
yang banyak. Orang yang mempunyai uang banyak, mereka dapat meningkatkan kualitas hidupnya karena mereka dapat bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Berbeda dengan orang miskin yang tidak punya uang banyak, mereka tidak dapat bersekolah yang lebih tinggi karena mereka tidak punya uang lagi untuk membiayai uang sekolah seperti masuk perguruan tinggi atau SMA.
Dampak Kemiskinan


Dampak kemiskinan di Indonesia memunculkan berbagai penyakit pada kelompok risiko tinggi seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, dan lanjut usia. “Kita mengakui sejak krisis ekonomi tahun 1997 jumlah penduduk miskin di Indonesia meningkat”. Kata Azrul Azwar dari Direktorat Jenderal Bina kesehatan Depkes di Semarang. Ia mengatakan, kemiskinan yang terjadi di Indonesia menyebabkan cakupan gizi rendah, pemeliharaan kesehatan kurang, lingkungan buruk, dan biaya untuk berobat tidak ada. Akibat terkena penyakit, katanya pada lokakarya “Pengentasan Kemiskinan Melalui Pengembangan Industri Agromedicine Terpadu”, menyebabkan produktivitas rendah, penghasilan rendah dan pengeluaran bertambah.
Kemiskinan memang tidak pernah berhenti dan tidak bosan menghancurkan cita-cita masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda. Kemiskinan sudah banyak “membutakan” segala aspek seperti pendidikan. Sebagian dari penduduk Indonesia lantaran keterbatasan ekonomi yang tidak mendukung, oleh contoh kecil yang terjadi di lapangan banyak anak yang putus sekolah karena menunggak SPP, siswa SD yang nekat bunuh diri karena malu sering ditagih oleh pihak sekolah, anak di bawah umur bekerja keras dengan tujuan memberi sesuap nasi untuk keluarganya, dll.
Bagaimana Indonesia mau maju kalau generasi muda yang seharusnya sekolah sekarang ikut merasakan korban faktor kemiskinan.
Sekarang kemiskinan juga sudah memberikan dampak mulai dari tindak kriminal, pengangguran, kesehatan terganggu, dan masih banyak lagi. Kemiskinan memang dapat menyebabkan beragam masalah tapi untuk sekarang masalah yang paling penting adalah bagaimana caranya anak-anak kecil yang sama sekali tidak mampu dapat bersekolah dengan baik seperti anak-anak lainnya. Pertama itulah masalah yang harus dipecahkan oleh pemerintah karena jika masalah itu tidak dapat dibereskan maka akan muncul masalah-masalah baru yang lebih banyak lagi. Dan juga banyak orang-orang miskin terkena penyakit tapi mereka sulit untuk berobat ke dokter karena mahal, walapun pemerintah sudah memberikan kartu kemiskinan tapi itu tidak menjamin di rumah sakit.








.
Cara Penanggulangan Kemiskinan


Kondisi kemiskinan di Indonesia terus mengalami tren penururnan yang cukup besar. Meskipun demikian, tantangan ke depan untuk mencapau target yang ditentukan juga masih cukup besar. Untuk itu,pemerintah telah menetapkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengurangan
kemiskinan sebagai tema pembangunan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2009. Dengan demikian, program penanggulangan kemiskinan tetap menjadi salah satu prioritas pemerintah pada tahun 2009. Hal ini jika dilihat dari Rancangan Anggaran dan Belanja Negara yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Sebagai bukti komitmen dalam menanggulangi kemiskinan, Pemerintah akan menyiapkan anggaran Rp. 66,2 triliun untuk menanggulangi kemiskinan pada tahun 2009. Besaran anggaran untuk program kemiskinan tersebut dalam APBN meningkat sekitar tiga kali lipat dalam kurun waktu 2005-2008. Dengan anggaran tersebut, angka kemiskinan ditargetkan dapat berkurang dari 15,4 persen pada tahun 2008 menjadi 12-14 persen pada tahun 2009. Peningkatan anggaran saja tentu belum cukup tanpa disertai dengan perencanaan program yang lebih efektif. Karena itu, selain peningkatan untuk mempercepat penurunan tingkat kemiskinan itu pemerintah telah melakukan harmonisasi dan sinergi program dan anggaran penanggulangan kemiskinan di tingkat pusat yang implementasinya dijalankan secara nyata di seluruh Indonesia.
di modifikasi dari http://gophunkzthedexter.blogspot.com/2011/02/kemiskinan.html
.
Kesimpulan


Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis melalui kegiatan karya tulis yang berjudul “Dampak Kemiskinan Terhadap Masyarakat” adalah:
1. kemiskinan dapat terjadi karena rendahnya kualitas yang dimiliki manusia tersebut
2. kemiskinan dapat membuat orang menjadi putus asa
3. pemerintah selalu berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia
4. kemiskinan dapat menimbulkan berbagai macam masalah
.
Saran bagi para pembaca adalah:


1. tingkatkanlah kualitas anda melalui sekolah ke jenjang yang lebih tinggi
2. berjuanglah dengan keras jangan sampai putus asa
3. bantulah sesamamu yang tidak mampu










{ 43 komentar... read them below or add one }

Dwi Yulianto mengatakan...

kemiskinan di indonesia katakanlah sampai saat ini belum juga dapat teratasi...setidaknya ti minimalisir...semoga pemerintah lebih memperhatikan jangan cuma buat mewah-mewahan gedung DPR aja...salam sobat

Unknown mengatakan...

sip banget nih artikel abang...puanjang kayak skripsi aja...hehehe...memang kemiskinan sudah menjamur di masyarakat karena kurangnya peran antara pemerintah dan masyarakat sendiri mengenai pengentasan kemiskinan... semoga bangsa indonesia walau miskin tidak miskin hati... :)
sip artikelnya bang

Blog Keperawatan mengatakan...

Semoga nantinya bangsa kita yang tercinta ini angka kemiskinannya akan menurun dan kesejahteraannya meningkat aamiin

KangFarhan mengatakan...

kemiskinan yg melanda dunia akaibat ulah para berduit yg tidak pernah berzakat dan ulah si'miskin' sendiri yg selalu menggantungkan hidup dari uluran tangan pemerintah... harusnya sama2 menjadi PR bagi pemerintah dan juga masyarakat iru sendiri...
mantap nih post abang

duniasharing mengatakan...

memang susah juga, yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin.

tingkat kemiskinan di indonesia semakin naik, mudah-mudahan pemeritahan kita semakin extra untuk meminmkan tingakat kemiskinan di negara kita tercinta ini.


salam dan suport selalu dari duniasharing.com

iman arsyad mengatakan...

@mas Chandra : iya semoga kaya hatinya ya :)
@blog keperawatan : amin :)
@kang farhan : makasih kang, memang bila si miskin nggak bergantung dengan berusaha sendiri seperti berdagang dll saya yakin akan lebih sejahtera dari pada harus meminta-minta
@Dunia Sharing : bener banget bang yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin -_-

Unknown mengatakan...

kemiskinan akibat dari Orang2 berduit yang gk mau berbagi sedikit hartanya kepada Kaum Miskin ..
Nice Post bang ..

Unknown mengatakan...

@rosyid akbar : iya itu juga termasuk :d

arie5758 mengatakan...

Moga aja dana untuk masyarakat miskin akan betul² tersalurkan pada yg berhak. Sehingga program pemberantasan kemiskinan bisa berjalan di negara tercinta kita ini.

Unknown mengatakan...

bener banget sob, kalo menurut saya DPR di tiadakan saja deh

Unknown mengatakan...

iya bener banget bang semoga tersalurkan kepada yang berhak ya bang

dwi save arema mengatakan...

saya sebagai orang miskin wajib menyimak:D....

DWI YULIANTO | THE-XP mengatakan...

semoga bangsa ini semaki membaik..amin :)

iman@sampeweweh mengatakan...

nggak boleh merendah gitu sob :)

iman@sampeweweh mengatakan...

amin sobat :)

Indonesia Ku mengatakan...

wah artikelnya tuntas gan..trimakasih ada kesempatan dapat membacanya..semoga...salam..

Jejak Puisi mengatakan...

kemiskinan memang menjadi bahan yg kerap diperbincangkan. berbagai upaya pemerintah u/ merentas kemiskinan pun terus dilakukan. tapi anehny, kenapa kemiskinan tetap ada? entahlah, sy sendiri pun merasa miris jika melihat kriminalitas di indonesia dengan alasan yg tak asing lagi; kemiskinan.

salah satu yg setidakny menjadi tolok ukur agar kita terhindar dari kemiskinan adalah; syukur. yup, dengan syukur kepada sang pencipta insya Allah diri kita merasa tercukupi akan segala hal. mungkin sj, kemiskinan yg meraja lela karena kurangny rasa syukur dari si pelaku.

satu hal lagi, bahkan yg saya tak habis pikir, ada orang yg mengaku miskin padahal hidupnya berkecukupan. aneh bin ajaib!!!. hmmm.... semoga kita semua terhindar dari kemiskinan, baik miskin harta maupun jiwa.

salam blogger^^

Unknown mengatakan...

sip sip :) semoga bermanfaat ya

Unknown mengatakan...

memang kemiskinan banyak menjadi alasan pafa kriminal melakukan aksinya, namun benar juga kalo di katakan masih banyak yang belumbersyukur dengan apa yang ia punya dan miliki sekarang seperti kesehatan :) thanks sobat

Putra mengatakan...

wih dah dipasang nih treaded coment nya :D
mancaaap bang :)

Unknown mengatakan...

ngomong-2 masalah kemiskinan...gimana ya...agak bingung jg......he...he...sepertinya saya jg masih hidup di bawah garis kemiskinan......

FaiShare mengatakan...

mari kita generasi muda untuk merubah bangsa ini dari keterpurukan..mulai dari diri sendiri kita pasti bisa wujudkan itu semua..karena para pemimpin negeri ini sudah tak jujur dan bertanggung jawab atas tugas dan jabatan yang d'embanya.perjuangan negeri ini belum selesai walau pun sudah merdeka puluhan tahun yang lalu..HIDUP MAHASISWA!!!!

Unknown mengatakan...

hehe iya thanks ya

Mr.Randy mengatakan...

masalah kemiskinan gak bakal selesai hingga kiamat tiba,karena kemiskinan penyeimbang kekayaan.Kalo semuanya kaya,maka kiamat datang wkwkwk.Anyway sya juga masih dibawah garis sob

Unknown mengatakan...

saya juga masih bang hehe :/

Unknown mengatakan...

setuju bang kita generasi muda harus maju dan selalu ingin maju biar gk di jajah hehe

Unknown mengatakan...

wwkwkw tapi paling tidak orang kaya jangan semena-mena sama yang miskin :p

district16 mengatakan...

semoga pemimpin yang akaan datang bisa mengatasi masalah kemiskinan di negara tercinta Indonesia

Sangir mengatakan...

nice post sob ^_^

http://sangir01.blogspot.com

kurayaw mengatakan...

Artikelnya bagus2, teruskan berkarya sob..

Unknown mengatakan...

soal kmiskinan memang mslh yg kompleks,,,,sperti y. kemiskinan tdk bisa dilenypkn melainkn diminimalisir scr signifikn... bukn y. menganggp enteng mslh ini tetapi ini sesuai degn hukum alam dan kehidupn dmn setiap hal psti pny 2 sisi kiri & knn ,, kaya & miskin.

obat herbal mengatakan...

jualobatherbaluntukwasiratau
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah
jualobatherbaluntukambeienmurah
ramuanuntukpenyakitdiabetesbasah_16
jualobatherbaltradisionalampuhwasir
jualobatambeien
jualobatherbalampuhwasirmurah
jamupenyakitdiabetesbasah
jualobatampuhherbaluntukambeien
jualobatambeienherbal
jualobatambeienherbalmurahterjamin
pantanganpenyakitdiabetesbasah
jualobatambeienherbalmujarab_21
jualobatherbalwasir
jualobatambeienherbalterjamin
jualobatherbalambeien
jualobatambeienterjaminampuh
penyakitdiabeteskering
jualobatambeienampuhmurah_21
jualobatwasiratauambeienherbal
jualobatambeienampuh_21
obatpenyakitdiabeteskering
obatherbal

pelangsing wsc biolo asli mengatakan...

kemiskinan memang ada yang karena malas ada yang sudah nasibnya

obat pelangsing wsc biolo mengatakan...

ada juga orang yang tetap miskin tanpa mau merubahnya alias mau yg instant

Unknown mengatakan...

Indobd.com - Raja Bonus Judi Online Terpercaya

IndoBD.com Agen Bola Online-Dengan tampilan yang sederhana namun elegan, BDIndo.com Agen Bola Online Ternama dan Terpercaya hadir sebagai Agen Bola online profesional yang menjanjikan kepada membernya permainan aman dengan kualitas server yang nyaris tanpa gangguan. Bahkan fitur robot yang kerap kali ditemukan di situs bola online lain, bisa dipastikan tidak akan terdapat di situs ini. Hal ini dapat anda buktikan sendiri jika sudah menjadi member dan bermain disana. Jadi tingkat kecerdasan berpikir dan ketelian serta taktik bermain yang handal bisa menjadi daya dukung buat kamu yang memiliki keberuntungan. Beruntung belum tentu pintar, pintar belum tentu cerdas, namun orang cerdas adalah orang yang teliti dan taktis dalam setiap mengambil keputusan. Sedangkan untuk fitur bonus, BDIndo.com adalah rajanya bonus permainan online.

Hot Promo Spesial Indobd Hingga akhir Tahun :
-Bonus Rollingan casino hingga 0.8%
-Bonus Deposit New member Casino 10%
-Bonus Deposit Casino setiap kali deposit 5%
-Bonus Deposit 20% untuk Akun Bola
-Bonus Deposit 5% setiap kali Deposit untuk Akun Bola
-Bonus CAshback 7% untuk Akun Bola
-Bonus Referal 10%
-Bonus Cashback Casino 5%

Website Kami : http://www.indobd.com
Pin bbm : 557F872F

BANK SUPPORT : BCA | MANDIRI | BNI

WSC BIOLO mengatakan...

nice,,, menginspirasi

WSC BIOLO pelangsing mengatakan...

nasih memang

Obat Pelangsing Wsc Biolo mengatakan...

harus bekerja keras ,, dan nasih ikut menentukan

hamba allah mengatakan...

Assalamualaikum wrb,saya Sri Wardani asal Solo niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya,awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses,bisnis saya bangkrut dan saya sempat jadi pemulung saya punya anak dua dan masih kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa dan saya juga sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak saya semua putus asa saya hilang,tanpa disengaja ada seseorang member saya dia menyarangkan saya untuk menghubungi Ki Abdullah,beliau memberikan saran yang tidak melenceng dari ajaran agama,awalnya sih saya ragu tapi saya beranikan diri mencoba saran dari Aki,syukur Alhamdulillah dengan saran beliau saya sekarang sukses kembali dan saya bisa biayai sekolah anak saya sampai selesai,terima kasih Ki berkat aki saya bisa sukses kembali,ini pengalaman pribadi saya khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah silahkan hub Aki Abdullah di nomor 0823-3975-5544 insya allah dikasi solusi,semua masalah bisa diatasi AKI. Ini pengalaman saya khusus yang serius saja silahkan hub beliau,terima kasih kepada yang punya room ini karna saya sempat berbagi pengalaman dan mudah2han bisa membantu,assalamualaikum wrb.




obat benjolan di leher mengatakan...

Terimakasih atas informasinya ...
http://bit.ly/2v7nVmt
http://bit.ly/2v7KsiW
http://bit.ly/2wg5xYF
http://bit.ly/2vBch6n
http://bit.ly/2vBblPb
http://bit.ly/2wtE313
http://bit.ly/2hwfbTO
http://bit.ly/2vyTW97
http://bit.ly/2v5Lhdu
http://bit.ly/2vqpa2z

Asuhan Keperawatan mengatakan...

asuhan keperawatan, berkunjung gan

Dani Wahyu mengatakan...

Thank infonya. Oiya ngomongin kemiskinan, ternyata ada loh sejumlah miliarder di dunia ini yang kerap menghambur-hamburkan uang dan berujung pada kebangkrutan. Siapa saja mereka? Cek di sini ya: Miris, 5 miliarder ini akhirnya jatuh miskin

tumbler bambu mengatakan...

haloo terima kasih pstingannya

Posting Komentar